relasional understending



PENGEMBANGAN PERANGKAT  PEMBELAJARAN KUANTUM PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MEMBANGUN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA KELAS VII MTs  AL- ISTIQOMAH KEDIRI LOMBOK BARAT


MAKALAH KOMPERHENSIF




 









Dosen Pembimbing
                                                      Prof. Dr. Siti M. Amin, M. Pd             
Dr. R. Sulaiman, M. Si

Oleh
Muhamad Fauzi
NIM: 127785008

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
PROGRAM PASCASARJANA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
2014









KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan proposal komperhensif yang berjudul “  Pengembangan Perangkat  Pembelajaran Kuantum Pada Materi Bangun Datar Untuk Membangun Pemahaman Relasional Siswa Kelas Vii Mts  Al- Istiqomah Kediri Lombok Barat”
Penulis menyadari bahwa terselesaikannya proposal ini tidak terlepas dari bantuan semua pihak, untuk itu penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1.      Ibu Prof. Dr. Siti M. Amin, M.Pd., selaku Dosen pembimbing I, yang telah membimbing, memberikan informasi dan saran yang sangat berharga selama penyusunan proposal ini.
2.      Bapak Dr. R. Sulaiman, M. Si, selaku Dosen pembimbing II yang telah membimbing dan memberikan saran yang bermamfaat dalam proses penyusunan proposal ini.
3.      Rekan-rekan mahasiswa program pascasarjana UNESA prodi Pendidikan Matematika angkatan 2012, serta semua pihak yang selalu memberikan dukungan dan do’a.
            Semoga amal baik yang telah diberikan kepada penulis mendapatkan balasan dari Allah SWT. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan demi penyempurnaan makalah ini.


Surabaya, 4 juni 2014
Penulis




 


DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL............................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN.................................................................................. ii
KATA PENGANTAR.............................................................................................. iii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................ 1
A.      Latar Belakang.................................................................................................... 1
B.       Pertanyaan Peneliti............................................................................................. 9
C.       Tujuan Penelitian................................................................................................ 9
D.      Definisi Operasional .......................................................................................... 9
E.       Manfaat Penelitian.............................................................................................. 12
BAB II KAJIAN PUSTAKA................................................................................... 13
A.    Pembelajaran Kuantum ....................................................................................... 13
1. Pengertian Pembelajaran Kuantum................................................................. 13
2. Pelaksanaan pembelajaran kuantum................................................................ 21
3. Teori-teori belajar yang relevan dengan model pembelajaran ................... .... 23
B.     Perangkat Pembelajaran....................................................................................... 25
C.     Pengembangan Perangkat Pembelajaran.............................................................. 29
D.    Kriteria perangkat pembelajaran yang Baik......................................................... 34
E.     Pemahaman Relasional........................................................................................ 40
F.      Pembelajaran kuantum dan pemahaman relasional.............................................. 42
G.    Text Box: ivMateri Pembelajaran............................................................................................ 44
H.    Penelitian Yang Relevan...................................................................................... 46
BAB III METODE PENELITIAN.......................................................................... 47
A.    Jenis Penelitian..................................................................................................... 47
B.     Objek dan Subjek Penelitian................................................................................ 47
C.     Prosedur Penelitian.............................................................................................. 47
D.    Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran............................................... 48
E.     Instrumen dan teknik pengumpulan data............................................................ 57
F.      Teknik analisis data......................................................................................... .... 59
DAFTAR PUSTAKA

Komentar