PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KUANTUM PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK
MEMBANGUN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA KELAS VII MTs AL- ISTIQOMAH KEDIRI LOMBOK BARAT
MAKALAH KOMPERHENSIF
Dosen
Pembimbing
Prof.
Dr. Siti M. Amin, M. Pd
Dr.
R. Sulaiman, M. Si
Oleh
Muhamad Fauzi
NIM:
127785008
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
PROGRAM
PASCASARJANA
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan penyusunan proposal komperhensif yang berjudul “ Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Kuantum Pada Materi Bangun Datar Untuk Membangun Pemahaman
Relasional Siswa Kelas Vii Mts Al-
Istiqomah Kediri Lombok Barat”
Penulis menyadari bahwa terselesaikannya proposal ini tidak terlepas dari bantuan semua
pihak, untuk itu penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1. Ibu Prof. Dr. Siti M. Amin, M.Pd., selaku
Dosen pembimbing I, yang telah membimbing, memberikan informasi dan saran yang sangat
berharga selama penyusunan
proposal ini.
2.
Bapak
Dr. R. Sulaiman, M. Si, selaku Dosen pembimbing II yang telah membimbing dan memberikan saran yang bermamfaat
dalam proses penyusunan proposal ini.
3.
Rekan-rekan mahasiswa program
pascasarjana UNESA prodi Pendidikan Matematika angkatan 2012, serta semua pihak
yang selalu memberikan dukungan dan do’a.
Semoga amal baik yang telah
diberikan kepada penulis mendapatkan balasan dari Allah SWT. Penulis menyadari
bahwa makalah ini masih banyak kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang
membangun sangat diharapkan demi penyempurnaan makalah ini.
Surabaya, 4 juni 2014
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL............................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN.................................................................................. ii
KATA PENGANTAR.............................................................................................. iii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................ 1
A.
Latar Belakang.................................................................................................... 1
B.
Pertanyaan Peneliti............................................................................................. 9
C.
Tujuan Penelitian................................................................................................ 9
D.
Definisi Operasional .......................................................................................... 9
E.
Manfaat Penelitian.............................................................................................. 12
BAB II KAJIAN PUSTAKA................................................................................... 13
A. Pembelajaran Kuantum ....................................................................................... 13
1. Pengertian
Pembelajaran Kuantum................................................................. 13
2.
Pelaksanaan pembelajaran kuantum................................................................ 21
3. Teori-teori belajar yang relevan dengan model
pembelajaran ................... .... 23
B.
Perangkat Pembelajaran....................................................................................... 25
C.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran.............................................................. 29
D.
Kriteria perangkat pembelajaran yang Baik......................................................... 34
E.
Pemahaman Relasional........................................................................................ 40
F. Pembelajaran kuantum dan
pemahaman relasional.............................................. 42
G.
Materi Pembelajaran............................................................................................ 44
H. Penelitian Yang Relevan...................................................................................... 46
BAB III METODE PENELITIAN.......................................................................... 47
A. Jenis Penelitian..................................................................................................... 47
B. Objek dan Subjek
Penelitian................................................................................ 47
C. Prosedur Penelitian.............................................................................................. 47
D. Prosedur
pengembangan perangkat pembelajaran............................................... 48
E.
Instrumen dan teknik pengumpulan data............................................................ 57
F. Teknik analisis
data......................................................................................... .... 59
DAFTAR PUSTAKA
Komentar