Minggu, 25 Oktober 2015

SAP PROGRAM LINIER



                                                                                              RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Kuliah                              : Pemrograman Linear
Kode mata kuliah                     : TSKB350139
Semester                                  : V       
Status                                      : Wajib
Kompetensi                             : Rekayasa Perangkat Lunak/ Jaringan Komputer/ Multimedia
Bobot dalam SKS                    : 3 SKS
Mata kuliah Prasyarat               : Aljabar Linier
Jurusan/Program Studi            : S1 Teknik Informatika
Dosen Pengajar                       MUH. FAUZI, M.Pd



A.             Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini secara umum meliputi : deskripsi tentang pemrograman linear, masalah optimasi (optimasi tanpa kendala dan optimasi dengan kendala), pemrograman linear dengan metode grafik, metode simpleks, konsep Duallitas dan hubungan antara masalah primal dan dual

B.             Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat mengenal beberapa konsep dan objek matematika yang digunakan dalam ilmu komputer dan mampu menerapkannya dalam pengkajian ilmu komputer


Pertemuan ke-/
Alokasi Waktu
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Sub Materi Pokok
Indikator Hasil Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Evaluasi
Media/ Sumber dan Bahan
I /
3x50 menit
Mahasiswa mampu memahami konsep pemrograman linear
Pengantar pemrograman linear
1.     Definisi Pemrograman linear
1.     Mahasiswa dapat memahami pengertian dari pemrograman linear
Ceramah dan menyelesaikan soal-soal secara kolektif
1.    Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan masalah yang terkait
2.    Tugas dan quiz
Buku dan Slide
II – III /
6x50 menit
Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan masalah optimasi tanpa kendala
Masalah optimasi (fungsi tanpa kendala)
1.     Optimasi tanpa fungsi kendala
1.     Mahasiswa mengetahui, memahami dan dapat menyelesaikan masalah optimasi tanpa kendala
Ceramah dan menyelesaikan soal-soal secara kolektif
1.    Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan masalah yang terkait
2.    Tugas dan quiz
Buku dan Slide
IV – V /
6x50 menit
Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan masalah optimasi dengan kendala
Optimasi dengan kendala
1.     Optimasi fungsi dengan kendala
1.     Mahasiswa mengetahui, memahami dan dapat menyelesaikan masalah optimasi dengan kendala
Ceramah dan menyelesaikan soal-soal secara kolektif
1.    Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan masalah yang terkait
2.    Tugas dan quiz
Buku dan Slide
VI /
3x50 menit
Mahasiswa mampu memahami dan dapat menyelesaikan masalah linear dengan metode grafik

Menyelesaikan pemrograman linear dengan metode grafik
1.     Metode grafik

1.     Mahasiswa mengetahui, memahami dan dapat menyelesaikan solusi masalah linear dengan metode grafik
Ceramah dan menyelesaikan soal-soal secara kolektif
1.    Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan masalah yang terkait
2.     Tugas dan quiz
Buku dan Slide
VII – VIII /
6x50 menit
Mahasiswa mampu memahami dan dapat menentukan solusi optimal dari suatu masalah linear
Mencari solusi optimal
1.     Solusi optimal
1.     Mahasiswa dapat menentukan solusi optimal yang meliputi nilai maksimum dan minimum dari suatu masalah linear
Ceramah dan menyelesaikan soal-soal secara kolektif
1.    Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan masalah yang terkait
2.    Tugas dan quiz
Buku dan Slide                                                
IX – X /
6x50 menit
Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan metode simpleks utuk menentukan solusi masalah linear
Metode Simplex
1.     Metode simpleks
1.     Mahasiswa dapat menyelesaikan sistem persamaan linear dengan metode simpleks
Ceramah dan menyelesaikan soal-soal secara kolektif
1.    Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan masalah yang terkait
2.    Tugas dan quiz
Buku dan Slide
XI – XII /
6x50 menit
Mahasiswa Mampu Memahami konsep dualitas
Dualitas
1.     Dual masalah pemrograman linear,
2.     Dual masalah pemrograman linear dengan kendala
3.     hubungan masalah dual dengan primal
1.     Mahasiswa memahami konsep dual dan mampu menyelesaikan masalah primal dengan masalah dual
Ceramah dan menyelesaikan soal-soal secara kolektif
3.    Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan masalah yang terkait
4.    Tugas dan quiz
Buku dan Slide


C.             Buku Acuan
1.          B.Susanto, Pemrograman Linear. FMIPA UGM.
2.          Supranto.J,  Linear Pemrogramanmimg. UI Jakarta.
3.          Taha, Hamdi, Riset Operasi

D.             Media/Alat
1.          LCD / Buku Teks

E.              Evaluasi Keberhasilan
1.          Tes Tertulis

F.              Kriteria Keberhasilan

Nilai Akhir ≥ 90             :  A
90 > Nilai Akhir ≥ 80    :  B+
80 > Nilai Akhir ≥ 70    :  B
70 > Nilai Akhir ≥ 60    :  C+
60 > Nilai Akhir ≥ 50    :  C
50 > Nilai Akhir ≥ 40    :  D
40 > Nilai Akhir ≥ 0      :  E

0 komentar: