RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Kuliah : Pemrograman Linear
Kode mata kuliah :
TSKB350139
Semester : V
Status : Wajib
Kompetensi : Rekayasa Perangkat Lunak/ Jaringan
Komputer/ Multimedia
Bobot dalam SKS :
3 SKS
Mata kuliah Prasyarat :
Aljabar Linier
Jurusan/Program Studi : S1 Teknik Informatika
Dosen Pengajar : MUH. FAUZI, M.Pd
A.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini secara umum meliputi : deskripsi tentang
pemrograman
linear, masalah optimasi (optimasi tanpa kendala dan optimasi
dengan
kendala), pemrograman linear
dengan
metode grafik, metode simpleks, konsep Duallitas dan hubungan antara masalah primal
dan dual
B.
Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat
mengenal beberapa konsep dan objek matematika yang digunakan dalam ilmu komputer
dan mampu menerapkannya dalam pengkajian ilmu komputer
Pertemuan ke-/
Alokasi Waktu
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Sub Materi Pokok
|
Indikator Hasil
Pembelajaran
|
Metode
Pembelajaran
|
Evaluasi
|
Media/ Sumber dan
Bahan
|
I /
3x50 menit
|
Mahasiswa mampu memahami konsep pemrograman linear
|
Pengantar
pemrograman linear
|
1. Definisi Pemrograman linear
|
1. Mahasiswa dapat memahami pengertian dari pemrograman linear
|
Ceramah dan menyelesaikan soal-soal secara kolektif
|
1. Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan
masalah yang terkait
2. Tugas dan quiz
|
Buku dan Slide
|
II – III /
6x50 menit
|
Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan masalah optimasi tanpa
kendala
|
Masalah optimasi (fungsi
tanpa kendala)
|
1. Optimasi tanpa
fungsi kendala
|
1. Mahasiswa mengetahui, memahami dan dapat menyelesaikan masalah optimasi
tanpa kendala
|
Ceramah dan
menyelesaikan soal-soal secara kolektif
|
1. Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan
masalah yang terkait
2. Tugas dan quiz
|
Buku dan Slide
|
IV – V /
6x50 menit
|
Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan masalah optimasi dengan
kendala
|
Optimasi
dengan
kendala
|
1.
Optimasi fungsi dengan kendala
|
1.
Mahasiswa mengetahui,
memahami dan dapat menyelesaikan masalah optimasi dengan kendala
|
Ceramah dan
menyelesaikan soal-soal secara kolektif
|
1. Menanyakan
kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan masalah yang terkait
2. Tugas dan quiz
|
Buku dan Slide
|
VI /
3x50 menit
|
Mahasiswa mampu memahami dan dapat menyelesaikan masalah linear dengan
metode grafik
|
Menyelesaikan pemrograman
linear dengan
metode grafik
|
1. Metode grafik
|
1. Mahasiswa mengetahui, memahami dan dapat menyelesaikan solusi masalah
linear dengan metode grafik
|
Ceramah dan
menyelesaikan soal-soal secara kolektif
|
1. Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan
masalah yang terkait
2. Tugas dan quiz
|
Buku dan Slide
|
VII – VIII /
6x50 menit
|
Mahasiswa
mampu memahami dan dapat menentukan solusi optimal dari suatu masalah linear
|
Mencari
solusi
optimal
|
1. Solusi optimal
|
1. Mahasiswa dapat menentukan solusi optimal yang meliputi nilai maksimum
dan minimum dari suatu masalah linear
|
Ceramah dan
menyelesaikan soal-soal secara kolektif
|
1. Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan
masalah yang terkait
2. Tugas dan quiz
|
Buku dan Slide
|
IX – X /
6x50 menit
|
Mahasiswa
mampu memahami dan menggunakan metode simpleks utuk menentukan solusi masalah
linear
|
Metode Simplex
|
1. Metode simpleks
|
1. Mahasiswa dapat menyelesaikan sistem persamaan linear dengan metode simpleks
|
Ceramah dan
menyelesaikan soal-soal secara kolektif
|
1. Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan
masalah yang terkait
2. Tugas dan quiz
|
Buku dan Slide
|
XI – XII /
6x50 menit
|
Mahasiswa Mampu Memahami konsep dualitas
|
Dualitas
|
1.
Dual masalah pemrograman linear,
2.
Dual masalah pemrograman linear dengan kendala
3.
hubungan masalah dual dengan primal
|
1.
Mahasiswa memahami konsep dual dan
mampu menyelesaikan masalah primal dengan masalah dual
|
Ceramah dan
menyelesaikan soal-soal secara kolektif
|
3. Menanyakan kepada mahasiswa secara acak dan meminta menyelesaikan masalah
yang terkait
4. Tugas dan quiz
|
Buku dan Slide
|
C.
Buku Acuan
1.
B.Susanto, Pemrograman Linear. FMIPA UGM.
2.
Supranto.J, Linear
Pemrogramanmimg. UI Jakarta.
3.
Taha, Hamdi, Riset Operasi
D.
Media/Alat
1.
LCD / Buku Teks
E.
Evaluasi Keberhasilan
1.
Tes Tertulis
F.
Kriteria Keberhasilan
Nilai Akhir ≥ 90 : A
90 > Nilai Akhir ≥
80 : B+
80 > Nilai Akhir ≥
70 : B
70 > Nilai Akhir ≥
60 : C+
60 > Nilai Akhir ≥
50 : C
50 > Nilai Akhir ≥
40 : D
40 > Nilai Akhir ≥
0 : E
Komentar